rumahgenerali.com, – Jika anda pergi ke toko reparasi yang bukan merupakan dealer resmi Apple untuk mengganti baterai iphone XS, XS Max atau XR anda, maka anda akan tetap mendapatkan pesan “Service” di seting baterai iPhone anda dan tulisan tersebut tidak bisa dihilangkan meskipun baterai anda telah berfungsi secara normal kembali.

Hal ini seperti yang dilaporkan oleh spesialist dari iFixit, yang mengatakan bahwa Apple telah mengunci baterai tersebut hanya khusus untuk pabrikan saja dan hanya memperbolehkan Penyedia Jasa Layanan Terdaftar dari Apple saja yang bisa menggunakan sebuah program yang bisa menghilangkan pesan “Service” tersebut ketika baterai tersebut diganti.

Pesan “Service” yang diikuti oleh sebuah pesan lainnya “Important Battery Message” menyatakan bahwa Apple tidak bisa melakukan verifikasi bahwa iPhone tersebut memiliki Baterai yang asli. Itu terjadi di iOS 12 dan iOS 13 beta, bahkan sekalipun jika jasa service pihak ketiga tersebut menggantinya dengan baterai asli dari Apple.

Kabar bagusnya adalah, terlepas dari pesan tersebut, masa umur baterai ataupun pemakaian telepon tersebut tidak terpengaruh oleh karenanya.

Menurut iFixit, sejak iOS 10, Apple juga telah mulai melakukan penghentian akses ke informasi detil yang terkait dengan baterai dari third-party battery health apps. Colok iPhone anda ke sebuah komputer Mac dan install aplikasi semacam coconutBattery.

iFixit menyebut sikap Apple tersebut sebagai apa yang dinamakan sikap yang tidak bersahabat dan memberikan sebuah solusi yang memaksa pemakainya untuk pergi ke tempat reparasi yang telah ditentukan oleh pihak Apple sendiri.